Review Jurnal Bisnis Informatika
Judul Jurnal : PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM).
Penulis : - (Sesuai Dengan Kelompok)
Anggota Kelompok :
1. Afif Makarim (50414385)
2. Faris Afif Fathin (53414985)
3. Muhammad Azis .A (57414118)
Volume & Halaman : Vol. 21, Hal. 4.
Tahun : 2013
Penulis : Nuryanti
Tanggal : 20 Oktober 2017
Sumber Jurnal :
https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2049
Sumber Jurnal :
https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2049
Tujuan Penilitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah menunjukkan peran dari metode penjualan zaman sekarang yaitu e-commerce terhadap daya saing pada usaha kecil dan menengah (UKM).
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini yaitu para pemilik usaha kecil dan menengah yang tinggal di Indonesia.
Metoda Penelitian
Metode penelitian ini yaitu tindakan, dimana tindakan yang dimaksud terdapat pada peran e-commerce terhadap daya saing pada UKM.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi saat ini merambah segala sendi kehidupan manusia. Teknologi informasi membuat semua hal menjadi lebih mudah dan murah. Peran teknologi informasi (TI) dalam bisnis juga semakin kuat, hal ini ditunjukkan dengan keaktifan perusahaan besar multinasional untuk menggunakan internet sebagai sarana pemasaran produknya. Penggunaan internet dan world wide web (www) bagi perusahaan saat ini sangat diperlukan. Setiap perusahaan yang ingin memperluas jangkauan pemasarannya pasti mempunyai website, yang menjadi wahana promosi maupun transaksi bagi perusahaan.
Penggunaan Komputer dalam bidang pemasaran dan penjualan dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan pesatnya ( Jauhari, 2010). Dengan adanya internet proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu ( Jinling, 2009; Quaddus, 2008). Kini hampir semua lapisan masyarakat ( terutama di negara maju) sudah sangat terbiasa dengan web ini, karena hampir segala jenis imformasi bisa diperoleh. Teknologi informasi merupakan bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan menggunakan imformasi dalam segala bentuknya. Melalui pemanfaatan teknologi informasi ini, perusahaan mikro, kecil maupun menengah dapat memasuki pasar global. Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau sering dikenal dengan istilah e- commerce bagi perusahaan kecil dapat memberikan fleksibilitas dalam produksi, memungkinkan pengiriman ke pelanggan secara lebih cepat untuk produk perangkat lunak, mengirimka dan menerima penawaran secara cepat dan hemat, serta mendukung transaksi cepat tanpa kertas. Pemanfaatan internet memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga peluang menembus ekspor sangat mungkin.
Usaha kecil menengah (UKM) sebagai bagian dari bentuk usaha di Indonesia seharusnya memanfaatkan teknologi imformasi demi kemajuan usahanya. Masalah utama perkembangan bisnis pengolahan (manufaktur) di Indonesia saat ini adalah kesulitan dalam pemasaran. Ada dua tantangan utama bagi pengusaha Indonesia dalam perdagangan internasional saat ini yaitu, akses pasar dan peningkatan daya saing ( Soesastro, 2006 ). Penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran produk UKM adalah salah satu usaha untuk memperluas akses pasar produk tersebut.
Pertanyaan Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang sudah dijabarkan sebelumnya maka peneliti ingin mengetahui gambaran peran e-commerce dalam peningkatan daya saing usaha kecil dan menengah (UKM) dengan menjawab pertanyaan penilitian berikut :
1. Apakah peran e-commerce dalam peningkatan daya saing UKM bisa berdampak dalam masyarakat sekitar?
2. Bagaimana cara UKM mengelola sistem e-commerce agar bisa meningkatkan daya saing ?
Hasil Penelitian
Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan gagasan bahwa pemilik UKM akan merasa bimbang dengan adanya e-commerce ini, terdapat 2 dampak yang saling berlawanan dimana yang pertama dengan hadirnya e-commerce maka akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa didapatkan sebelumnya sementara yang kedua dikarenakan hadirnya e-commerce maka beberapa UKM akan gulung tikar dikarenakan terdapat beberapa pengusaha dalam penguasaan teknologi yang rendah dan ketidakmauan dalam pengoptimalan penggunaan e-commerce, namun hal itu bisa diatasi dengan melakukan gerakan pro aktif dalam pengembangan e-commerce dalam UKM.
Keuntungan Penelitian
Keuntungan dalam penelitian ini yaitu menekankan masyarakat terutama dalam bidang perdagangan kelas kecil dan menengah dalam mengoptimalkan peluang yang ada dengan metode zaman sekarang, dan terdapat analisis – analisis jika UKM menggunakan e-commerce.
Kerugian Penelitian
Kerugian dalam penelitian ini yaitu tidak adanya data – data dalam bentuk persentase mengenai UKM yang ada di Indonesia. Yang ada hanya penjelasan mengenai UKM serta pendapat seseorang pada UKM itu.
Rangkuman Jurnal
Perkembangan teknologi informasi dalam zaman sekarang sudah meningkat pesat, terutama dalam bidang bisnis. Perusahaan – perusahaan besar telah melakukan pemanfaatan dalam kemajuan teknologi informasi salah satunya dengan membuat websitenya masing – masing. Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dalam bidang bisnis, pun dalam bidang pemasaran dan penjualan juga punya eksistensi yang sama. Salah satu penerapannya adalah pembuatan web e-commerce bagi sebuah toko yang sebelumnya dalam bentuk offline. Di Indonesia terdapat sebuah sebutan bagi suatu organisasi yang berjalan dalam bidang pemasaran dan penjualan salah satunya UKM atau usaha kecil menengah, sebaiknya UKM melakukan penerapan dalam kemajuan teknologi informasi dengan membuat web e-commercenya masing- masing bertujuan agar meningkatkan daya saing antara UKM.
Kesimpulan
Berdasarkan pada uraian tulisan di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebaiknya UKM ikut andil dalam kemajuan teknologi informasi dengan membuat web e-commercenya masing – masing, hal ini bertujuan agar bisa meningkatkan daya saing UKM. Selain itu dengan penerapan web e-commerce diharapkan UKM bisa sejajar dengan Usaha yang lebih tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar